Alamat

Selamat Datang di SMP Muhammadiyah 8 Bandung

28 Feb. 2015

SMP Muhammadiyah 8 Bandung melaksanakan Pembelajaran STEM Jepang



Pembelajaran STEM (SAINS, TEKNOLOGI, ENGENERING and Matematika)
Di SMP Muhammadiyah 8 Bandung ada yang namanya program Engenering Class. Program ini adalah sebuah methode pembelajaran yang menggabungkan sains, teknologi, engenering dan matematika menjadi satu dengan tujuan bisa mengaplikasikan ilmu ilmu tadi kedalam kebutuhan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Program ini sudah berjalan hampir satu tahun di SMP muhammadiyah 8 Bandung.
  Pembelajaran STEM sudah diterapkan  sekolah- sekolah di Jepang. SMP Muhammadiyah 8 Bandung dalam melaksanakan program ini bekerja sama dengan UPI Bandung. Adapun jadwal kegiatan STEM dilaksanakan seminggu tiga kali yaitu hari senin, rabu dan sabtu. Pertama tama seluruh siswa yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini harus mendaftarkan diri kepada Penanggung jawab program ini yaitu Ibu Endah Nurendah dan tim yang lainya, terus tim akan menyeleksi menjadi 2 tim yang terdiri satu tim nya 20 siswa.
Adapun materi materi yang dipelajari misalnya membuat jembatan, membuat roket, membuat pendeteksi gempa dan lain lain. Pada materi bulan februari siswa dan siswi begitu antusias untuk mengikuti program ini. Mayra merupakan siswa kelas 7 yang mengikuti program ini mengatakan sangat tertantang sekali untuk mengikuti STEM karena nantinya 5 siswa yang terselksi akan pergi ke Jepang.
Pada bulan September 2014 lima siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 8 Bandung berkesempatan pergi ke jepang untuk mengikuti sains Camp yang diselenggarakan oleh Univ. Sizuoka jepang. Adapun siswa dan siswi yang berangkat adalah Zian, Ali, Renaldi, Raisal dan Arif. Siswa dan siswi ini berkat mengikuti program STEM mereka berhasil membuat alat pendeteksi gempa dan banjir. Mereka terinspirasi dari keadaan di kota Bandung khususnya di Baleendah yang setiap hujan pasti banjir. Semoga tahun ini siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 8 Bandung bisa berangkat ke Jepang dan program STEM Nya tetap berjalan. Amin.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking